SOYA HOT (Sosis Ayam Pedas)
firdausbagas@gmail.com
PROPOSAL
KEWIRAUSAHAAN
SOYA
HOT
(Sosis
Ayam Pedas)
Dosen Pengampu : Dr.
Drs. Sukirman Spd. SH. MM
Disusun
oleh:
Muchammad
Firdausbagaskara
201511112
IV D
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
KUDUS
2016
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas segala rahmad Nya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan proposal Kewirausahaan ini tepat pada waktunya. Penulis mendapat program yang
berjudul “Soya Hot”.
Adapun maksud penyusunan proposal ini adalah untuk menmeuhi tugas
“Kewirausahaan”.
Selain
itu penulis juga ingin mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah
membantu secara langsung maupun tidak langsung dalam proses pembuatan proposal
ini yaitu:
1.
Allah SWT yang telah memberikan segala rahmad, ridho, nikmat dan
karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal ini dengan lancar.
2.
Dr. Drs. Sukirman Spd. SH. MM, Selaku dosen pembimbing yang telah
membimbing saya untuk
menyelesaikan proposal ini dengan baik.
3.
Keluarga penulis yang selalu memberikan dukungan materi dan moril serta
doa sehingga proposal ini dapat
terselesaikan dengan baik.
4.
Teman-teman penulis yang memberikan dukungan dalam bentuk materi,
pikirian dan kerja sama yang baik.
5.
Serta pihak lain yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu namun
turut serta dalam penyusunan proposal ini.
Tiada
gading yang tak retak, begitu pula dengan
usaha ini.
Penulis yakin masih banyak kekurangan dan kesalahan di dalamnya. Oleh karena
itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Akhirnya dengan
segala kerendahan hati penulis berharap semoga usaha ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
Kudus, 27 Maret 2017
Penulis
DAFTAR ISI
Judul ............................................................................................................................... i
Kata pengantar................................................................................................................. ii
Daftar Isi.......................................................................................................................... iii
Ringkasan........................................................................................................................ v
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................. 1
A. Latar Belakang........................................................................................................... 1
B. Konsep Usaha............................................................................................................ 1
C. Visi Misi..................................................................................................................... 2
D. Tujuan........................................................................................................................ 2
BAB II PROFIL PERUSAHAAN............................................................................... 3
A. Profil Usaha............................................................................................................... 3
B. Lokasi Usaha............................................................................................................. 4
BAB III PEMASARAN................................................................................................ 5
A. Target dan segmentasi pasar......................................................................................... 5
B. Peluang pasar............................................................................................................ 5
C. Analisis pesaing............................................................................................................ 5
D. Strategi pemasaran ....................................................................................................... 5
E. Analisis SWOT ............................................................................................................ 6
BAB IV PRODUK USAHA......................................................................................... 8
A. Informasi singkat dan
jelas tentang produk usaha............................................... 8
B. Jenis produk dan macam produknya .................................................................. 8
BAB V RENCANA KEUANGAN ............................................................................. 12
A.
Investasi Awal yang Diperlukan ............................................................................ 12
B. Biaya operasional perbulan ................................................................................. 12
C.
Analisis pendapatan dan keuangan ........................................................................ 13
D.
Analisis Kelayakan usaha ....................................................................................... 13
BAB VI PENUTUP....................................................................................................... 15
A.
Kesimpulan.............................................................................................................. 15
B. Potensi Usaha...................................................................................................... 15
C.
Saran........................................................................................................................ 16
BAB VII LAMPIRAN................................................................................................. 17
Lampiran 1 ...................................................................................................................... 17
Lampiran 2 ...................................................................................................................... 18
Lampiran 3 ...................................................................................................................... 20
Lampiran 4 ...................................................................................................................... 21
Lampiran 5 ...................................................................................................................... 22
Lampiran 6 ...................................................................................................................... 23
Lampiran 7 ...................................................................................................................... 24
Lampiran 8 ...................................................................................................................... 25
Lampiran 9 ...................................................................................................................... 26
RINGKASAN
Item yang dijual :
Kuliner “Sosis Ayam Pedas”
Kuliner Khas :
Kuliner yang dibuat sendiri dan permintaan konsumen (Masyarakat)
Bahan : Daging Ayam
Model : Jajanan
Sasaran Pasar :
Semua Masyarakat
Elemen-elemen utama
yaitu :
v Kuliner sederhana berupa jajanan sehat
v Lebih menawarkan jajanan ringan untuk semua kalangan
v Metode
pemasaran yang menarik
v Harga
produk terjangkau namun tidak menurunkan kualitas
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak
sekali berbagai bentuk dan macam macam aneka ragam makanan dari yang kecil
hingga yang besar dan dari yang termurah hingga yang termahal. Dalam kebutuhan
sehari - hari banyak sekali aktifitas yang dijalani dan juga pasti memiliki
makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Makanan - makanan memang sudah
banyak sekali yang menjual tetapi makanan ini begitu sangat sederhana dan baik
untuk dikonsumsi ketika siang maupun
malam hari untuk masyarakat
kalangan menengah kebawah ataupun menengah ke atas. Makanan ini dibuat
dengan cara pembuatan yang sederhana dengan lebih baik dan higienis, begitu
juga harga terjangkau dan banyak pula masyarakat yang berminat untuk membelinya
dengan rasa yang cukup enak, nikmat, lezat,
dan pedas.
Oleh karena itu saya memilih jenis usaha yaitu “Sosis
Ayam Pedas” untuk dijual karena untuk mengingatkan masyarakat Indonesia
agar tidak mengenal varian sosis, karena ini merupakan makanan yang banyak
digandrungi untuk dikonsumsi. Untuk arti kata pedasnya itu bukan
pedas waktu sudah diberi toping saus, tapi pedasnya itu sudah ada didalam sosis
tersebut.
Kata sosis berasal dari
kata dalam bahasa Latin “Salsus”, yang berarti diasinkan atau diawetkan. Jaman dahulu, dimana
mesin pendingin belum ditemukan untuk mengawetkan daging, maka pembuatan sosis
menjadi salah satu alternatif. Dizaman sekarang sosis
menjadi makanan popoler disemua kalangan.
B.
Konsep usaha
Dalam program ini saya akan membuat suatu usaha
berupa produksi sosis ayam yang sudah berasa pedas sebagai inovasi terbaru agar
menarik minat masyarakat yang sekarang sedang menyukai makanan-makanan cepat
saji dan pedas.
C.
Visi dan Misi
Visi
Menjadikan
“Sosis Ayam” sebagai usaha makanan cepat saji
yang terkenal minimal dikudus, dan pemasaran semaksimal mungkin agar dikenal secara luas.
Misi
Mengutamakan kualitas dalam hal
apapun yang dilakukan
(pelayanan) dan disajikan (makanan).
1. Mengembangkan inovasi – inovasi baik dalam
produk maupun pelayanan dengan tetap pada sistematika tatakrama.
2. Menumbuhkan keterampilan dan
pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasional yang maksimal
3. Mengembangkan usaha di beberapa
tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha.
D.
TUJUAN
Tujuan
saya membuat usaha sosis ini untuk
meningkatkan peluang usaha dizaman sekarang ini. Saya ingin
mengenalkan produk baru berupa sosis ayam dengan sensai pedas dan pastinya bikin ketagihan
bagi para penikmatnya, selain itu saya juga berkeinginan mengenalkan produk
sosis ayam ini kepada masyarakat. Saya mengambil usaha sosis ayam ini
karena di zaman sekarang banyak sekali masyarakat yang memilih makan instan
seperti sosis ayam yang saya buat. Maka dari itu saya memilih usaha membuat
sosis ayam agar dapat diminati masyarakat.
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
A.
Profil
Usaha
Nama
usaha adalah hal yang sangat penting dan diperlukan supaya produk saya mudah dan dikenal oleh
semua orang khususnya target konsumen kita. Jika nama usaha kita unik maka
usaha kita akan mudah di ingat oleh masyarakat sekitar. Untuk usaha ini, saya memberikan nama “Soya Hot” pada produk saya, karena nama
yang saya cantumkan ini mudah dibaca dan mudah di ingat bagi konsumen. Nama
“Soya Hot” saya ambil dari sosis ayam yang disingkat SOYA dan untuk HOT berarti
pedas. Proses produksi saya ini merupakan produksi rumahan. Berikut ini adalah
profil usaha saya :
Nama
Usaha : “SOYA HOT”
Nama
Pemilik : Muchammad Firdaus
Bagaskara
Alamat
Usaha : Desa Jepang RT 01 / RW 06
Mejobo Kudus
Bidang
usaha : Makanan
No
Telp : 085842234201
Jenis
usaha yang saya
jalankan baru berbentuk usaha rumahan. Usaha ini adalah usaha yang bergerak dibidang
makanan, yang dijalankan dari mengolah daging ayam sampai menjadi sosis yang
berasa pedas dan sekaligus menyalurkan produk ke berbagai toko dan kios di pasar terutama untuk
wilayah Kudus dan sekitarnya.
Pendirian
usaha ini juga mempertimbangkan beberapa aspek yang harus dilakukan dalam
pendirian usaha, salah satunya aspek hukum. Untuk itu saya mempersiapkan beberapa
izin untuk melengakpi usaha yang akan saya jalankan.
1.
Bukti diri
Dalam hal ini saya memiliki identitas diri dalam menjalankan usaha saya, yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP).
2. Sertifikat Izin PIRT
Sebelum memasarkan produk ke masyarakat,saya harus mengurusi Perizinan PIRT (Pangan Industri
Rumah Tangga). Hal ini diperlukan sebagai izin jaminan usaha rumahan saya yang dijual dan beredar di masyarakat memenuhi
standar keamanan makanan atau izin edar produk pangan. Cara mengurusi perizinan
tersebut bisa langsung datang ke Dinas Kesehatan daerah setempat.
3. Sertifikat Halal dari MUI
Selanjutnya, mengurusi sertifikat Halal dari MUI. Datang langsung ke Kantor MUI.
B.
Lokasi/tempat
usaha
Untuk
menjalankan usaha ini, saya lebih memilih di rumah. Karena selain
tidak memakan waktu dan biaya yang banyak, selain itu bahan baku yang saya
dapatkan juga tidak terlalu sulit dan alat-alat yang dibutuhkan sudah cukup lengkap.
Oleh karena itu saya memilih dirumah untuk proses produksinya namun dalam
pemasarannya saya menitipkan ke toko-toko ataupun kepedagang-pedagang kecil,
dan saya juga menjual apabila ada yang datang kerumah.
BAB III PEMASARAN
A.
Target
dan segmentasi pasar
Target dan segmen yang
hendak dicapai dari usaha yang dijalankan
Dalam sebuah
usaha pasti ada target yang kita harapkan maka dari itu dalam pelaksanaan usaha
ini saya ingin menjadikan sosis sebagai makanan yang sehat untuk dikonsumsi
sehari-hari maka dari itu saya berusaha memproduksi sosis ini beda dengan yang
lainagar sosis yang saya buat ini bisa unggul dipasaran dan bisa diterima
dimasyarakat dan dalam usaha ini saya bisa mendapatkan keuntungan yangmaksimal
dan tentunya bisa lebih memjukan usaha saya untuk kedepannya.
B.
Peluang
Pasar
Sosis
ayam pedas merupakan makanan siap saji yang mempunyai peluang usaha
yang cukup tinggi karena rata-rata masyarat Indonesia menyukai sosis dan produk
ini termasuk produk yang unik karena salah belum ada sosis yang sudah terasa pedas.
C.
Analisis
Pesaing
Setelah melihat beberapa kelebihan dan keuntungan yang
didapat dari usaha ini tidak dapat dipungkiri jika nantinya akan
menimbulkan usaha sejenis. Oleh karena itu penulis akan memberikan sebuah
konsep dari usaha Sosis
Ayam Hot yang sudah ada dan mau
ada jika nantinya ada mahasiswa yang membuka usah sejenis.
D.
Strategi
Pemasaran
Strategi
dalam pemasaran Sosis kulit jeruk pamelo dilakukan dengan metode:
a.
Promotion
Promosi
yang kita lakukan adalah dengan menggunakan penyebaran brosur secara
langsung,dari mulut ke mulut dan di sosial media ataupun kita posting di web
yang menyediakan jual beli secara online.
b.
Product
Produk
ini merupakan produk yang unik karena biasanya sosis dengan bahan dasar hanya
daging ayam tetapi kita menyediakan produk sosis yang tidak hanya berbahan
dasar daging ayam saja tetapi ada bahan lain yaitu bubuk cabai selain itu dari
bahan yang kita gunakan pasti akan membuat costomer penasaran.
c.
Price
Produk
ini dijual dengan harga cukup terjangkau yaitu Rp.23.000,00 per bungkus, dengan
keunikan yang dimiliki produk tersebut, produk yang kita buat ini diharapkan
mampu bersaing dengan produk lainnya yang sudah terlebih dahulu terjun kedunia
pasar. Dan ada pengecualian untuk beli semakin banyakproduk maka semakin banyak
pula potongannya.
d.
Place
Kita
harus tepat dalam menentukan keputusan untuk memilih tempat penjualan yang
strategis agar keuntungan yang maksimal dapat kita peroleh dari pemilihan
tempat yang strategis tersebut.
E.
Analisis SWOT
Tabel Analisis SWOT usaha “Soya Hot”
SWOT
|
Sosis Ayam
|
Kekuatan (Strength)
|
-
Penyetok yang sudah tersedia
-
Kesukaan konsumen akan produk
-
Higienis
-
Inovasi pelayayan yang berbeda dengan produk lain
|
Kelemahan (Weakness)
|
-
Kurangnya promosi
-
Harga bahan baku tidak stabil
-
Kurangnnya modal dan sulitnya izin untuk menjalankan bisnis ini
|
Peluang (Oportunity)
|
-
Peluang pasar di Kudus
-
Budaya masyarakat yang konsumtif
-
Posisi tempat pemasaran berdekatan dengan keramaian.
|
Ancaman (Treath)
|
-
Standarisasi mutu
-
Kemungkinan pesaing berskala besar
-
Perubahan selera masyarakat
-
– pesaing baru.
|
BAB IV PRODUK USAHA
A.
Informasi singkat dan jelas tentang
produk usaha meliputi :
Didalam produk
usaha sosis yang saya jalankan ini saya melakukan beberapa pelaksanaan. Pelaksanaan-pelaksanaan
ini untuk membantu kelancaran usaha saya sendiri, yang pertama saya membuat
beberapa pelaksanaan sepeti dibawah ini :
1.
PLANNING USAHA
Dalam planning usaha ini menjelaskan tentang pemilihan
lokasi usaha yang strategis untuk penjualan, pemilihan bahan baku berkualitas
dengan harga bersahabat, dan strategi pemasaran yang tepat untuk kelangsungan
usaha ini.
2.
PERSIAPAN
PROSES PRODUKSI
Pada
tahap ini menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk proses produksi. Bahan
utama yang digunakan adalah daging ayam yang sebagai bahan baku utama, alatnya
juga harus dipersiapkan juga, seperti mesin penggiling, ember, kompor, dll.
3. PELAKSANAAN
PEMASARAN
Tahap ini produk yang sudah siap untuk distribusi akan
dikirimkan ke tempat-tempat yang sudah ditentukan sebelumnya. Produk saya akan dipasarkan di sekitar
area kampus dan sekolahan karena target utama kita adalah anak muda. Untuk masa
penjualan selama dua minggu pertama, dan seterusnya dengan mengunakan metode
pemasaran yaitu promosi, melalui media online dan sosial media.
B.
Jenis
produk dan macam produknya
a)
Jenis Produk :
Disini saya membuat produk yang berasal dari bahan dasar
ayam, produksi saya ini berupa “Soya Hot” sosis ayam pedas. Disini saya memilih
membuat sosis ayam karena dizaman yang modern ini banyak sekali orang-orang
yang memilih makanan yang cepat saji maka dari itu saya membuat produksi ayam,
selain sosis ayam bermanfaat bagi kesehatan juga mudah untuk di konsumsi. Tapi
sosis yang saya produksi ini beda dari sosis-sosis yang lain karena saya
menambahkan sensasi pedas didalam sosis tersebut pasalnya sekarang ini banyak
sekali orang-orang yang berselera dengan makanan pedas maka dari itu saya
memilih menambahkan aksen pedas dalam produksi sosis saya ini. Selain itu sosis
juga banyak bermanfaat bagi tubuh, berikut beberapa manfaat dari produk sosis
yang saya buat :
a. Protein
Berhubung
komposisi dasar pembuatan sosis dari ayam, otomatis sosis mempunyai protein
yang sangat baik bagi kesehatan. Selain berguna sebagai komponen pembangun,
protein juga merupakan zat yang mengandung mineral yang ideal ke seluruh organ
tubuh. Protein juga bisa meningkatkan sistem ketahanan tubuh. Berdasarkan
Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3820-1995), sosis yang sehat wajib mempunyai
kandungan protein paling sedikit 13%, lemak setidaknya 25% dan karbohidrat
paling banyak 8%. Bila batas minimal ini terpenuhi pada setiap sosis, barulah
dapat dikatakan kalau sosis ialah makanan yang baik.
b.
Vitamin B12
salah satu
nutrisi yang terkandung di setiap panganan yang berasal dari hewan. Vit. B12
ini tidak terdapat pada sayuran melainkan yang mengalami reaksi fermentasi
saja, sama halnya dengan tempe atau sayuran yang sudah difermentasi. Vitamin
B12 juga bermanfaat untuk menghidupkan sistem folat serta dibutuhkan saat
metabolisme sel-sel. Selanjutnya dapat mempermudah kinerja saluran cerna,
sumsum tulang, dan jaringan syaraf.
4.
Peralatan
yang dibutuhkan dalam pembuatan produk tersebut
Dalam proses
produksi pembuatan sosis saya. Saya menggunakan alat-alat yang cukup sederhana.
Saya hanya menggunakan blender untuk melunakkan daging ayam untuk di buat
adonan, selain itu juga saya juga membutuhkan dandang untuk merebus sosis yang
siap untuk di rebus. Peralatan yang tidak kalah penting yaitu plastik untuk
membungkus sosis yang siap untuk direbus.
5.
Bahan
baku pembuatan produk
Dalam proses
produksi sosis saya. Saya membutuhkan beberapa bahan baku yang sangat utama
dalam pembuatan sosis ayam saya ini. Berikut beberapa bahan-bahan yang
diperlukan dalam pembuatan “Soya” Sosis Ayam Pedas :
o Daging
ayam yang telah digiling
o Cabai
o Minyak
goreng
o Es serut
o Garam
halus
o Tepung
sagu.
o Gula
pasir
o Lada
bubuk
o Ketumbar
bubuk.
o Bawang
putih yang telah ditumbuk halus
o Putih
telur
o Piping
bag secukupnya.
o Air es
untuk rendaman secukupnya.
o Casing
untuk sosis atau bisa juga menggunakan plastik es mambo seperlunya.
o
Air bersih untuk merebus
secukupnya
Cara Pembuatan
1. Campurkan daging ayam yang
telah digiling, sebagian es yang telah diserut, dan garam halus. Aduk-aduk
sampai adonan merata.
2. Tuangkan sedikit minyak,
aduk lagi sampai rata, tambahkan gula, lada, ketumbar, bubuk cabai, bawang
putih, tepung sagu, putih telur, dan es serut yang masih tersisa. Aduk hingga
adonan kesat dan merata.
3. Masukkan adonan ke piping
bag atau plastik berbentuk segitiga, kemudian semprotkan ke dalam casing sosis
atau sista bisa juga menggunakan plastik untuk es mambo (Sangat disarankan
untuk menggunakan casing sosis), setelah itu ikat bagian bawah, buat ikatan
tiap 10 cm menggunakan benang.
4. Siapkan air untuk dididihkan,
diamkan selama 1 menit, kemudian masukkan sosisnya, tunggu kira-kira waktu 20
menit, masak dengan menggunakan api paling kecil, jangan direbus sampai air
mendidih yah sista agar sosis tidak pecah.
5. Angkat sosisnya kemudian
sosis dimasukkan ke dalam air es, diamkan beberapa saat agar bentuknya tidak
berubah. Angkat sosis dan tiriskan, potong masing-masing ujung sosis, masukkan
ke dalam wadah yang tertutup kemudian simpan dalam freezer.
6.
kelebihan
atau keunggulan produk
Sekarang ini kebanyakan produsen di dalam membuat produksi
sosis banyak sekali yang menggunakan bahan-bahan berbahaya, tetapi sosis yang
saya buat ini menggunakan bahan-bahan yang sehat dalam proses produksinya pasalnya
disaat proses produksi saya menggunakan bahan-bahan yang pilihan contoh dalam
memilih daging ayam saya meilih daging yang sehat dan layak dikonsumsi, saya
juga langsung meninjau lokasi pemotongan ayamnya, selain itu dalam proses
pembuatan sosis ini dengan menggunakan alat-alat yang bersih walaupun alatnya
hanya sederhana. Maka dari itu sosis yang saya produksi ini beda dari yang lain
dan tentunya sosis yang saya buat ini ada aksen pedas dalam sosisnya sendiri.
Dan itulah keunggulan dari produk sosis yang saya buat ini. Dengan begitu
Semoga sosis ayam pedas ini bisa laku di pasaran dan mampu bersaing di pasar
maupun dilingkungan masyarakat dengan sosis-sosis yang lainnya.
BAB V RENCANA KEUANGAN
a. Investasi
Awal yang Diperlukan
Timbangan
2 buah @ Rp 270.000 Rp 540.000,00
Panci
2 buah@ Rp 150.000 Rp 300.000,00
Mesin
penggiling 1 buah @ Rp 600.000,00 Rp 600.000,00
Ember
2 buah @ Rp 100.000,00 Rp
200.000,00
Mesin
pendingin 1 buah @ Rp 3.500.000,00 Rp
3.500.000,00
Baskom
besar 2 buah @ Rp 20.000,00 Rp
40.000,00
Pisau
4 buah @ Rp 10.000,00 Rp
40.000,00
Saringan
2 buah @ Rp 10.000,00 Rp
20.000,00
Tabung
Gas 3 kg 1 buah@ Rp 100.000,00 Rp
100.000,00
Kompor
1 buah@ Rp 430.000,00 Rp
430.000,00
Jumlah
investasi awal Rp
5.770.000,00
b. Biaya
Operasional perbulan
Gula
Pasir 0,5 kg @ Rp 13.000,00 Rp
6.500,00
Merica
bubuk 3 saset @ Rp.1.000,00 Rp
3.000,00
Garam
2bungkus @ Rp 1.000,00 Rp
2.000,00
Tepung
tapioka 10kg @ Rp 15.000,00 Rp
150.000,00
Cabai
Setan 3kg @ Rp 36.000,00 Rp
108.000,00
Ketumbar
bubuk 3 saset @ Rp500,00 Rp
1.500,00
Bawang
putih 1 kg @ Rp 34.000,00 Rp
34.000,00
Daging
ayam 30 kg @ Rp 30.000,00 Rp
900.000,00
Kaldu
ayam 3 saset @ Rp 500,00 Rp
1.500,00
Jahe
0.25 kg @ Rp 7.000,00 Rp
7.000,00
Plastik
kemasan+label Rp
150.000,00
Plastik
slongsong sosis Rp
50.000,00
Isi
tabung gas 3kg 2 tabung @ Rp 22.000,00 Rp
44.000,00
Bensin
8L x1motor @ Rp 7.500,00 Rp
60.000,00
Biaya
Promosi (brosur) Rp
25.000,00
Biaya
Air Rp
25.000,00
Biaya
listrik Rp
60.000,00
Jumlah
biaya operasional perbulan Rp
1.626.500,00
c. Analisis
Pendapatan dan Keuangan
Produksi I bulan =
144 pack
Produksi 1 tahun 12x144 = 1728
Harga 1 pack =
Rp 20.000,00
Isi 1 bungkus jenang =
10 batang sosis
Hasil penjualan 1 tahun = 1728 x 20.000
= Rp 34.560.000,00
Total biaya operasional 1 tahun = 12 x Rp1.626.500,00
= Rp 19.518.000,00
Keuntungan tiap tahun =
Rp 34.560.000,00– Rp 19.518.000,00
= Rp 15.042.000,00
d.
Analisis Kelayakan
Usaha
BEP
(Break Even Point)
BEP
volume Poduksi = Total biaya operasional /Harga jual
=Rp
19.518.000,00 : 20.000
= 975,9
Jadi
pada tingkat volume poduksi 975,9 bungkus, usaha ini berada pada titik impas.
BEP
Harga Produksi = Total biaya Operasional /volume produksi
=
Rp 19.518.000,00: 975,9
= 20.000
Jadi
pada tingkat harga Rp 20.000,00 usaha ini berada pada titik impas.
B/C
Ratio
B/C
Ratio = Hasil Penjualan /Total biaya operasional
= Rp
34.560.000,00 : Rp 19.518.000,00
= 1,77
Karena
B/C ratio > 1 maka usaha ini layak untuk dijalankan, artinya tiap satuan
biaya yang dikeluar diperoleh hasil penjualan sebesar 1,77kali lipat.
ROI
(Return On Investment)
ROI
= Keuntungan
Total
biaya operasional
=
(Rp 15.042.000,00 : Rp 19.518.000,00) x 100%
=
0,77%
Usaha ini layak untuk dikembangan karena setiap
pembiayaan sebesar Rp 100,00 diperoleh keuntungan sebesar 0,77%
e. Perhitungan
Pengembangan Modal
Pengembalian Modal = Keuntunganx 100% /Jumlah modal
investasi awal
= 15.042.000 x 100% / 5.770.000
= 2,606 %
Artinya modal usaha ini akan terlunasi sebesar 1,608 %setiap
tahun. Berdasarkan perhitungan analisis kelayakan diatas maka investasi
tersebut layak untuk dilaksanakan. Jadi gambaran usaha yang direncanakan
benar-benar menjanjikan memperoleh profit untuk menunjang usaha.
BAB VI PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari isi yang penulis sampaiakan, ada kekurangan dan
kelebihan dari usaha “SOYA HOT” menurut pendapat dari
penulis sendiri. Namun dibanding
kekurangan yang penulis jelaskan, terlihat lebih banyak faktor pendukung
akan peluang bisnis tersebut, dan menurut penulis masih ada solusi untuk
menyelesaikan masalah pada faktor penghambat. Masalah modal mungkin dapat
diatasi dengan mengajukan proposal pada pihak kampus untuk meminjamkan dana awal
untuk membuka usaha “SOYA HOT” ini, dan masalah
keberanian tentunya dapat diselesaikan dari individu masing-msing
sehingga peluang bisnis angkringan kini sangatlah mungkin menjadi salah satu
binis baru yang menjanjikan.
Apabila usaha ini sudah berjalan
selama satu bulan, kita akan menghitung laba rugi di bulan pertama produksi
untuk mengevaluasi apakah produk ini bisa sangat menguntungkan dan dapat
diterima masyarakat atau tidak. Kegiatan ini akan berlangsung sampai 5 bulan yang merupakan waktu pencapaian usaha yang kita rencanakan.
B.
Potensi
usaha yang akan/sedang dijalankan
Sosis adalah salah satu makanan kaya gizi dan tinggi
protein.Sosis juga merupakan makanan yang cukup digemari oleh berbagai
kalangan,anak-ana,ibu-ibu,remaja bahkan bapak-bapak juga menyukai makanan
olahan yang terbuat dari tepung terigu dengan campuran daging ayam atau daging
sapi ini.Inilah peluang bisnis dibidang makanan yang akan coba saya bahas pada kesempatan yang baik ini,yaitu peluang usaha jualan sosis pedas yang
menguntungkan. Pasalnya
sosis yang saat ini hanya berupa sosis-sosis yang biasa saja bahkan banyak yang
memakai bahan pengawet, maka dari itu saya membuat sosis yang beda untuk
menarik para konsumen, saya merubah sosis yang biasanya biasa-biasa saja
menjadi “SOYA HOT” Sosis Ayam Pedas karena saya ingin produk saya beda dari
yang lain dan bisa menggugah daya tarik para konsumen untuk membeli sosis saya,
dan saya yakin sosis saya akan mampu untuk bersaing dengan sosis-sosis yang ada
dipasaran. Oleh karena itu saya yakin banyak keuntungan yang akan saya dapat
apabila saya terus memproduksi “SOYA HOT” karena dizaman sekarang banyak
remaja-remaja yang sangat suka makanan dengan rasa pedas. Dan dengan melihat
keadaan yang memungkinkan akhirnya saya membuat usaha “SOYA HOT”.
C.
Saran
Banyak sekali hal
yang ingin penulis dalam upaya perwujudan usaha yang diterangkan dalam proposal ini, adapun saran yang utama penulis diberikan kepada pihak
kampus agar mau memberikan kepercayaan pada mahasiswa untuk membuka usaha supaya diberikan kemudahan dalam mengelola dan memilih tempat
usaha yang sekiranya pas untuk dijadikan tempat usaha, kemudian diharapkan juga
bantuan dana modal pada pihak manapun yang sangat peduli dengan usaha kreatif
mahasiswa, dan tentunya dari mahasiswa sendiri diharapkan agar mau dan
kreatif dalam melihat peluang usaha yang ada disekitar kita, jangan takut dan malu
untuk memulai sebuah usaha. Karena usaha harus dimulai sejak muda dan selalu lebih giat dalam
menentukan usaha-usaha yang mampu bersaing dipasaran.
BAB VII LAMPIRAN
Lampiran 1
Gambar 1 Denah lokasi usaha sosis ayam
pedas, disinilah prosesproduksi pembuatan “Soya Hot”. Dan apabila mau membeli
bisa langsug datang kelokasi yang sudah tertera diatas atau bisa hubungi nomor
yang sudah dicantumkan.
Lampiran 2
Gambar 2 Bahan-bahan yang digunakan
untuk membuat Soya Hot. Bahan-bahan ini merupakan bahan-bahan utama dalam
produksi ini.
Lampiran 3
Gambar 3 Adonan yang siap dibungkus
Lampiran 4
Gambar 4 Sosis siap direbus
Lampiran 5
Gambar 5 Proses perebusan Sosis Ayam
Pedas
Lampiran 6
Gambar 6 Soya Hot siap beredar
Lampiran 7
Gambar 7 Owner’s Soya Hot
Lampiran 8
Gambar 8 Logo beserta iklan Soya Hot
Lampiran 9
Gambar 9 Gambar ini untuk membuat produk
semakin menarik dan bernilai. Selain itu juga sudah diterangkan komposisi yang
ada dalam sosis tersebut guna untuk melihatkan kepada konsumen apa saja yang
ada dalam sosis tersebut.
Komentar
Posting Komentar