SOYA HOT (Sosis Ayam Pedas)

firdausbagas@gmail.com
PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN
SOYA HOT
(Sosis Ayam Pedas)
Dosen Pengampu : Dr. Drs. Sukirman Spd. SH. MM

Disusun oleh:
Muchammad Firdausbagaskara
201511112
IV D



UNIVERSITAS MURIA KUDUS
KUDUS
2016




KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas segala  rahmad Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal Kewirausahaan ini tepat pada waktunya. Penulis mendapat program yang berjudul “Soya Hot”. Adapun maksud penyusunan proposal ini adalah untuk menmeuhi tugas “Kewirausahaan”.
Selain itu penulis juga ingin mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu secara langsung maupun tidak langsung dalam proses pembuatan proposal ini yaitu:
1.      Allah SWT yang telah memberikan segala rahmad, ridho, nikmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal ini dengan lancar.
2.      Dr. Drs. Sukirman Spd. SH. MM, Selaku dosen pembimbing yang telah membimbing saya untuk menyelesaikan proposal ini dengan baik.
3.      Keluarga penulis yang selalu memberikan dukungan materi dan moril serta doa sehingga proposal  ini dapat terselesaikan dengan baik.
4.      Teman-teman penulis yang memberikan dukungan dalam bentuk materi, pikirian dan kerja sama yang baik.
5.      Serta pihak lain yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu namun turut serta dalam penyusunan proposal ini.
Tiada gading yang tak retak, begitu pula dengan  usaha  ini. Penulis yakin masih banyak kekurangan dan kesalahan di dalamnya. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Akhirnya dengan segala kerendahan hati penulis berharap semoga usaha ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Kudus, 27 Maret 2017
Penulis


DAFTAR ISI


Judul ...............................................................................................................................      i
Kata pengantar.................................................................................................................     ii
Daftar Isi..........................................................................................................................    iii
Ringkasan........................................................................................................................     v
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................................     1           
A.    Latar Belakang...........................................................................................................     1
B.     Konsep Usaha............................................................................................................     1
C.     Visi Misi.....................................................................................................................     2
D.    Tujuan........................................................................................................................     2
BAB II PROFIL PERUSAHAAN...............................................................................     3
A.    Profil Usaha...............................................................................................................     3
B.     Lokasi Usaha.............................................................................................................     4
BAB III PEMASARAN................................................................................................     5
A.      Target dan segmentasi pasar......................................................................................... 5
B.       Peluang pasar............................................................................................................     5
C.       Analisis pesaing............................................................................................................ 5
D.      Strategi pemasaran .......................................................................................................  5
E.       Analisis SWOT ............................................................................................................  6
BAB IV PRODUK USAHA.........................................................................................     8
A.    Informasi singkat dan jelas tentang produk usaha...............................................     8
B.     Jenis produk dan macam produknya ..................................................................     8
BAB V RENCANA KEUANGAN .............................................................................   12
A.    Investasi Awal yang Diperlukan ............................................................................ 12
B.     Biaya operasional perbulan .................................................................................   12
C.     Analisis pendapatan dan keuangan ........................................................................ 13
D.    Analisis Kelayakan usaha .......................................................................................  13
BAB VI PENUTUP.......................................................................................................   15
A.    Kesimpulan.............................................................................................................. 15
B.     Potensi Usaha......................................................................................................   15
C.     Saran........................................................................................................................ 16
BAB  VII LAMPIRAN.................................................................................................   17           
Lampiran 1 ......................................................................................................................   17
Lampiran 2 ......................................................................................................................   18
Lampiran 3 ......................................................................................................................   20
Lampiran 4 ......................................................................................................................   21
Lampiran 5 ......................................................................................................................   22
Lampiran 6 ......................................................................................................................   23
Lampiran 7 ......................................................................................................................   24
Lampiran 8 ......................................................................................................................   25
Lampiran 9 ......................................................................................................................   26



















RINGKASAN
Item yang dijual : Kuliner “Sosis Ayam Pedas
Kuliner Khas : Kuliner yang dibuat sendiri dan permintaan konsumen (Masyarakat)
Bahan : Daging Ayam
Model : Jajanan
Sasaran Pasar : Semua Masyarakat
Elemen-elemen utama yaitu :
v  Kuliner sederhana berupa jajanan sehat
v  Lebih menawarkan jajanan ringan untuk semua kalangan
v  Metode pemasaran yang menarik
v  Harga produk terjangkau namun tidak menurunkan kualitas


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang termurah hingga yang termahal. Dalam kebutuhan sehari - hari banyak sekali aktifitas yang dijalani dan juga pasti memiliki makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Makanan - makanan memang sudah banyak sekali yang menjual tetapi makanan ini begitu sangat sederhana dan baik untuk dikonsumsi ketika siang maupun  malam hari untuk masyarakat  kalangan menengah kebawah ataupun menengah ke atas. Makanan ini dibuat dengan cara pembuatan yang sederhana dengan lebih baik dan higienis, begitu juga harga terjangkau dan banyak pula masyarakat yang berminat untuk membelinya dengan rasa yang cukup enak, nikmat, lezat, dan pedas.
Oleh karena itu saya memilih jenis usaha yaitu “Sosis Ayam Pedas” untuk dijual karena untuk mengingatkan masyarakat Indonesia agar tidak mengenal varian sosis, karena ini merupakan makanan yang banyak digandrungi untuk dikonsumsi. Untuk arti kata pedasnya itu bukan pedas waktu sudah diberi toping saus, tapi pedasnya itu sudah ada didalam sosis tersebut.
Kata sosis berasal dari kata dalam bahasa Latin “Salsus”, yang berarti diasinkan atau diawetkan. Jaman dahulu, dimana mesin pendingin belum ditemukan untuk mengawetkan daging, maka pembuatan sosis menjadi salah satu alternatif. Dizaman sekarang sosis menjadi makanan popoler disemua kalangan.

B.     Konsep usaha
Dalam program ini saya akan membuat suatu usaha berupa produksi sosis ayam yang sudah berasa pedas sebagai inovasi terbaru agar menarik minat masyarakat yang sekarang sedang menyukai makanan-makanan cepat saji dan pedas.






C.     Visi dan Misi
Visi
Menjadikan “Sosis Ayam” sebagai usaha makanan cepat saji yang terkenal minimal dikudus, dan pemasaran semaksimal mungkin agar dikenal secara luas.
Misi
Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan) dan disajikan (makanan).
1.       Mengembangkan inovasi – inovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan tetap pada sistematika tatakrama.
2.       Menumbuhkan keterampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasional yang maksimal
3.      Mengembangkan usaha di beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha.

D.    TUJUAN
Tujuan saya membuat usaha sosis ini untuk meningkatkan peluang usaha dizaman sekarang ini. Saya ingin mengenalkan produk baru berupa sosis ayam dengan sensai pedas dan pastinya bikin ketagihan bagi para penikmatnya, selain itu saya juga berkeinginan mengenalkan produk sosis ayam ini kepada masyarakat. Saya mengambil usaha sosis ayam ini karena di zaman sekarang banyak sekali masyarakat yang memilih makan instan seperti sosis ayam yang saya buat. Maka dari itu saya memilih usaha membuat sosis ayam agar dapat diminati masyarakat.











BAB II PROFIL PERUSAHAAN

A.    Profil Usaha
Nama usaha adalah hal yang sangat penting dan diperlukan supaya produk saya mudah dan dikenal oleh semua orang khususnya target konsumen kita. Jika nama usaha kita unik maka usaha kita akan mudah di ingat oleh masyarakat sekitar. Untuk usaha ini, saya memberikan nama “Soya Hot” pada produk saya, karena nama yang saya cantumkan ini mudah dibaca dan mudah di ingat bagi konsumen. Nama “Soya Hot” saya ambil dari sosis ayam yang disingkat SOYA dan untuk HOT berarti pedas. Proses produksi saya ini merupakan produksi rumahan. Berikut ini adalah profil usaha saya :
Nama Usaha          : “SOYA HOT”
Nama Pemilik        : Muchammad Firdaus Bagaskara
Alamat Usaha        : Desa Jepang RT 01 / RW 06 Mejobo Kudus
Bidang usaha         : Makanan
No Telp                 : 085842234201
Jenis usaha yang saya jalankan baru berbentuk usaha rumahan. Usaha ini adalah usaha yang bergerak dibidang makanan, yang dijalankan dari mengolah daging ayam sampai menjadi sosis yang berasa pedas dan sekaligus menyalurkan produk ke berbagai toko dan kios di pasar terutama untuk wilayah Kudus dan sekitarnya.
Pendirian usaha ini juga mempertimbangkan beberapa aspek yang harus dilakukan dalam pendirian usaha, salah satunya aspek hukum. Untuk itu saya mempersiapkan beberapa izin untuk melengakpi usaha yang akan saya jalankan.


1.      Bukti diri
Dalam hal ini saya memiliki identitas diri dalam menjalankan usaha saya, yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP).
2.      Sertifikat Izin PIRT
Sebelum memasarkan produk ke masyarakat,saya harus mengurusi Perizinan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Hal ini diperlukan sebagai izin jaminan usaha rumahan saya yang dijual dan beredar di masyarakat memenuhi standar keamanan makanan atau izin edar produk pangan. Cara mengurusi perizinan tersebut bisa langsung datang ke Dinas Kesehatan daerah setempat.
3.      Sertifikat Halal dari MUI
Selanjutnya, mengurusi sertifikat Halal dari MUI. Datang langsung ke Kantor MUI.
B.     Lokasi/tempat usaha
Untuk menjalankan usaha ini, saya lebih memilih di rumah. Karena selain tidak memakan waktu dan biaya yang banyak, selain itu bahan baku yang saya dapatkan juga tidak terlalu sulit dan alat-alat yang dibutuhkan sudah cukup lengkap. Oleh karena itu saya memilih dirumah untuk proses produksinya namun dalam pemasarannya saya menitipkan ke toko-toko ataupun kepedagang-pedagang kecil, dan saya juga menjual apabila ada yang datang kerumah.










BAB III PEMASARAN

A.    Target dan segmentasi pasar
Target dan segmen yang hendak dicapai dari usaha yang dijalankan
Dalam sebuah usaha pasti ada target yang kita harapkan maka dari itu dalam pelaksanaan usaha ini saya ingin menjadikan sosis sebagai makanan yang sehat untuk dikonsumsi sehari-hari maka dari itu saya berusaha memproduksi sosis ini beda dengan yang lainagar sosis yang saya buat ini bisa unggul dipasaran dan bisa diterima dimasyarakat dan dalam usaha ini saya bisa mendapatkan keuntungan yangmaksimal dan tentunya bisa lebih memjukan usaha saya untuk kedepannya.

B.     Peluang Pasar
Sosis ayam pedas merupakan makanan siap saji yang mempunyai peluang usaha yang cukup tinggi karena rata-rata masyarat Indonesia menyukai sosis dan produk ini termasuk produk yang unik karena salah belum ada sosis yang sudah terasa pedas.
C.     Analisis Pesaing
Setelah melihat beberapa kelebihan dan keuntungan yang didapat dari usaha ini tidak dapat dipungkiri jika nantinya akan menimbulkan usaha sejenis. Oleh karena itu penulis akan memberikan sebuah konsep dari usaha Sosis Ayam Hot yang sudah ada dan mau ada jika nantinya ada mahasiswa yang membuka usah sejenis.
D.    Strategi Pemasaran
Strategi dalam pemasaran Sosis kulit jeruk pamelo dilakukan dengan metode:
a.      Promotion

Promosi yang kita lakukan adalah dengan menggunakan penyebaran brosur secara langsung,dari mulut ke mulut dan di sosial media ataupun kita posting di web yang menyediakan jual beli secara online.
b.      Product

Produk ini merupakan produk yang unik karena biasanya sosis dengan bahan dasar hanya daging ayam tetapi kita menyediakan produk sosis yang tidak hanya berbahan dasar daging ayam saja tetapi ada bahan lain yaitu bubuk cabai selain itu dari bahan yang kita gunakan pasti akan membuat costomer penasaran.
c.       Price

Produk ini dijual dengan harga cukup terjangkau yaitu Rp.23.000,00 per bungkus, dengan keunikan yang dimiliki produk tersebut, produk yang kita buat ini diharapkan mampu bersaing dengan produk lainnya yang sudah terlebih dahulu terjun kedunia pasar. Dan ada pengecualian untuk beli semakin banyakproduk maka semakin banyak pula potongannya.
d.      Place

Kita harus tepat dalam menentukan keputusan untuk memilih tempat penjualan yang strategis agar keuntungan yang maksimal dapat kita peroleh dari pemilihan tempat yang strategis tersebut.
E.     Analisis SWOT
Tabel Analisis SWOT usaha “Soya Hot
SWOT
Sosis Ayam
Kekuatan (Strength)
-          Penyetok yang sudah tersedia
-          Kesukaan konsumen akan produk
-          Higienis
-          Inovasi pelayayan yang berbeda dengan produk lain
Kelemahan (Weakness)
-          Kurangnya promosi
-          Harga bahan baku tidak stabil
-          Kurangnnya modal dan sulitnya izin untuk menjalankan bisnis ini
Peluang (Oportunity)
-          Peluang pasar di Kudus
-          Budaya masyarakat yang konsumtif
-          Posisi tempat pemasaran berdekatan dengan keramaian.
Ancaman (Treath)
-          Standarisasi mutu
-          Kemungkinan pesaing berskala besar
-          Perubahan selera masyarakat
-          – pesaing baru.



















BAB IV PRODUK USAHA

A.    Informasi singkat dan jelas tentang produk usaha meliputi :
Didalam produk usaha sosis yang saya jalankan ini saya melakukan beberapa pelaksanaan. Pelaksanaan-pelaksanaan ini untuk membantu kelancaran usaha saya sendiri, yang pertama saya membuat beberapa pelaksanaan sepeti dibawah ini :
1.      PLANNING USAHA
Dalam planning usaha ini menjelaskan tentang pemilihan lokasi usaha yang strategis untuk penjualan, pemilihan bahan baku berkualitas dengan harga bersahabat, dan strategi pemasaran yang tepat untuk kelangsungan usaha ini.
2.      PERSIAPAN PROSES PRODUKSI

Pada tahap ini menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk proses produksi. Bahan utama yang digunakan adalah daging ayam yang sebagai bahan baku utama, alatnya juga harus dipersiapkan juga, seperti mesin penggiling, ember, kompor, dll.

3.       PELAKSANAAN PEMASARAN

Tahap ini produk yang sudah siap untuk distribusi akan dikirimkan ke tempat-tempat yang sudah ditentukan sebelumnya. Produk saya akan dipasarkan di sekitar area kampus dan sekolahan karena target utama kita adalah anak muda. Untuk masa penjualan selama dua minggu pertama, dan seterusnya dengan mengunakan metode pemasaran yaitu promosi, melalui media online dan sosial media.
B.     Jenis produk dan macam produknya
a)      Jenis Produk :
Disini saya membuat produk yang berasal dari bahan dasar ayam, produksi saya ini berupa “Soya Hot” sosis ayam pedas. Disini saya memilih membuat sosis ayam karena dizaman yang modern ini banyak sekali orang-orang yang memilih makanan yang cepat saji maka dari itu saya membuat produksi ayam, selain sosis ayam bermanfaat bagi kesehatan juga mudah untuk di konsumsi. Tapi sosis yang saya produksi ini beda dari sosis-sosis yang lain karena saya menambahkan sensasi pedas didalam sosis tersebut pasalnya sekarang ini banyak sekali orang-orang yang berselera dengan makanan pedas maka dari itu saya memilih menambahkan aksen pedas dalam produksi sosis saya ini. Selain itu sosis juga banyak bermanfaat bagi tubuh, berikut beberapa manfaat dari produk sosis yang saya buat :
a.       Protein
Berhubung komposisi dasar pembuatan sosis dari ayam, otomatis sosis mempunyai protein yang sangat baik bagi kesehatan. Selain berguna sebagai komponen pembangun, protein juga merupakan zat yang mengandung mineral yang ideal ke seluruh organ tubuh. Protein juga bisa meningkatkan sistem ketahanan tubuh. Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3820-1995), sosis yang sehat wajib mempunyai kandungan protein paling sedikit 13%, lemak setidaknya 25% dan karbohidrat paling banyak 8%. Bila batas minimal ini terpenuhi pada setiap sosis, barulah dapat dikatakan kalau sosis ialah makanan yang baik.
b.      Vitamin B12
salah satu nutrisi yang terkandung di setiap panganan yang berasal dari hewan. Vit. B12 ini tidak terdapat pada sayuran melainkan yang mengalami reaksi fermentasi saja, sama halnya dengan tempe atau sayuran yang sudah difermentasi. Vitamin B12 juga bermanfaat untuk menghidupkan sistem folat serta dibutuhkan saat metabolisme sel-sel. Selanjutnya dapat mempermudah kinerja saluran cerna, sumsum tulang, dan jaringan syaraf.



4.      Peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan produk tersebut
Dalam proses produksi pembuatan sosis saya. Saya menggunakan alat-alat yang cukup sederhana. Saya hanya menggunakan blender untuk melunakkan daging ayam untuk di buat adonan, selain itu juga saya juga membutuhkan dandang untuk merebus sosis yang siap untuk di rebus. Peralatan yang tidak kalah penting yaitu plastik untuk membungkus sosis yang siap untuk direbus.
5.      Bahan baku pembuatan produk
Dalam proses produksi sosis saya. Saya membutuhkan beberapa bahan baku yang sangat utama dalam pembuatan sosis ayam saya ini. Berikut beberapa bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan “Soya” Sosis Ayam Pedas :
o   Daging ayam yang telah digiling
o   Cabai
o   Minyak goreng
o   Es serut
o   Garam halus
o   Tepung sagu.
o   Gula pasir
o   Lada bubuk
o   Ketumbar bubuk.
o   Bawang putih yang telah ditumbuk halus
o   Putih telur
o   Piping bag secukupnya.
o   Air es untuk rendaman secukupnya.
o   Casing untuk sosis atau bisa juga menggunakan plastik es mambo seperlunya.
o   Air bersih untuk merebus secukupnya
Cara Pembuatan
1.      Campurkan daging ayam yang telah digiling, sebagian es yang telah diserut, dan garam halus. Aduk-aduk sampai adonan merata.
2.      Tuangkan sedikit minyak, aduk lagi sampai rata, tambahkan gula, lada, ketumbar, bubuk cabai, bawang putih, tepung sagu, putih telur, dan es serut yang masih tersisa. Aduk hingga adonan kesat dan merata.
3.      Masukkan adonan ke piping bag atau plastik berbentuk segitiga, kemudian semprotkan ke dalam casing sosis atau sista bisa juga menggunakan plastik untuk es mambo (Sangat disarankan untuk menggunakan casing sosis), setelah itu ikat bagian bawah, buat ikatan tiap 10 cm menggunakan benang.
4.      Siapkan air untuk dididihkan, diamkan selama 1 menit, kemudian masukkan sosisnya, tunggu kira-kira waktu 20 menit, masak dengan menggunakan api paling kecil, jangan direbus sampai air mendidih yah sista agar sosis tidak pecah.
5.      Angkat sosisnya kemudian sosis dimasukkan ke dalam air es, diamkan beberapa saat agar bentuknya tidak berubah. Angkat sosis dan tiriskan, potong masing-masing ujung sosis, masukkan ke dalam wadah yang tertutup kemudian simpan dalam freezer.
6.             kelebihan atau keunggulan produk
Sekarang ini kebanyakan produsen di dalam membuat produksi sosis banyak sekali yang menggunakan bahan-bahan berbahaya, tetapi sosis yang saya buat ini menggunakan bahan-bahan yang sehat dalam proses produksinya pasalnya disaat proses produksi saya menggunakan bahan-bahan yang pilihan contoh dalam memilih daging ayam saya meilih daging yang sehat dan layak dikonsumsi, saya juga langsung meninjau lokasi pemotongan ayamnya, selain itu dalam proses pembuatan sosis ini dengan menggunakan alat-alat yang bersih walaupun alatnya hanya sederhana. Maka dari itu sosis yang saya produksi ini beda dari yang lain dan tentunya sosis yang saya buat ini ada aksen pedas dalam sosisnya sendiri. Dan itulah keunggulan dari produk sosis yang saya buat ini. Dengan begitu Semoga sosis ayam pedas ini bisa laku di pasaran dan mampu bersaing di pasar maupun dilingkungan masyarakat dengan sosis-sosis yang lainnya.


BAB V RENCANA KEUANGAN



a.       Investasi Awal yang Diperlukan

Timbangan 2 buah @ Rp 270.000                                    Rp 540.000,00
Panci 2 buah@ Rp 150.000                                              Rp 300.000,00
Mesin penggiling 1 buah @ Rp 600.000,00                      Rp 600.000,00
Ember 2 buah @ Rp 100.000,00                                      Rp 200.000,00
Mesin pendingin 1 buah @ Rp 3.500.000,00                   Rp 3.500.000,00
Baskom besar 2 buah @ Rp 20.000,00                            Rp 40.000,00
Pisau 4 buah @ Rp 10.000,00                                          Rp 40.000,00
Saringan 2 buah @ Rp 10.000,00                                                 Rp 20.000,00
Tabung Gas 3 kg 1 buah@ Rp 100.000,00                       Rp 100.000,00
Kompor 1 buah@ Rp 430.000,00                                                Rp 430.000,00
Jumlah investasi awal                                                     Rp 5.770.000,00


b.      Biaya Operasional perbulan

Gula Pasir 0,5 kg @ Rp 13.000,00                                   Rp 6.500,00
Merica bubuk 3 saset @ Rp.1.000,00                               Rp 3.000,00
Garam 2bungkus @ Rp 1.000,00                                                 Rp 2.000,00
Tepung tapioka 10kg @ Rp 15.000,00                             Rp 150.000,00
Cabai Setan 3kg @ Rp 36.000,00                                                 Rp 108.000,00
Ketumbar bubuk 3 saset @ Rp500,00                              Rp 1.500,00
Bawang putih 1 kg @ Rp 34.000,00                                 Rp 34.000,00
Daging ayam 30 kg @ Rp 30.000,00                                Rp 900.000,00
Kaldu ayam 3 saset @ Rp 500,00                                                 Rp 1.500,00
Jahe 0.25 kg @ Rp 7.000,00                                            Rp 7.000,00
Plastik kemasan+label                                                       Rp 150.000,00
Plastik slongsong sosis                                                      Rp 50.000,00
Isi tabung gas 3kg 2 tabung @ Rp 22.000,00                    Rp 44.000,00
Bensin 8L x1motor @ Rp 7.500,00                                  Rp 60.000,00
Biaya Promosi (brosur)                                                     Rp 25.000,00
Biaya Air                                                                          Rp 25.000,00
Biaya listrik                                                                      Rp 60.000,00
Jumlah biaya operasional perbulan                                Rp 1.626.500,00





c.       Analisis Pendapatan dan Keuangan
Produksi I bulan                           = 144 pack
Produksi 1 tahun 12x144             = 1728
Harga 1 pack                                = Rp 20.000,00
Isi 1 bungkus jenang                    = 10 batang sosis
Hasil penjualan 1 tahun                = 1728 x 20.000
= Rp 34.560.000,00
Total biaya operasional 1 tahun   = 12 x Rp1.626.500,00
= Rp 19.518.000,00
Keuntungan tiap tahun                = Rp 34.560.000,00– Rp 19.518.000,00
= Rp 15.042.000,00
d.      Analisis Kelayakan Usaha

BEP (Break Even Point)
BEP volume Poduksi = Total biaya operasional /Harga jual
=Rp 19.518.000,00 : 20.000
= 975,9
Jadi pada tingkat volume poduksi 975,9 bungkus, usaha ini berada pada titik impas.

BEP Harga Produksi = Total biaya Operasional /volume produksi
= Rp 19.518.000,00: 975,9
= 20.000
Jadi pada tingkat harga Rp 20.000,00 usaha ini berada pada titik impas.

B/C Ratio
B/C Ratio = Hasil Penjualan /Total biaya operasional
= Rp 34.560.000,00 : Rp 19.518.000,00
= 1,77
Karena B/C ratio > 1 maka usaha ini layak untuk dijalankan, artinya tiap satuan biaya yang dikeluar diperoleh hasil penjualan sebesar 1,77kali lipat.

ROI (Return On Investment)
ROI = Keuntungan
Total biaya operasional
= (Rp 15.042.000,00 : Rp 19.518.000,00) x 100%
= 0,77%
Usaha ini layak untuk dikembangan karena setiap pembiayaan sebesar Rp 100,00 diperoleh keuntungan sebesar 0,77%




e.       Perhitungan Pengembangan Modal
Pengembalian Modal = Keuntunganx 100% /Jumlah modal investasi awal
= 15.042.000 x 100% / 5.770.000
= 2,606 %
Artinya modal usaha ini akan terlunasi sebesar 1,608 %setiap tahun. Berdasarkan perhitungan analisis kelayakan diatas maka investasi tersebut layak untuk dilaksanakan. Jadi gambaran usaha yang direncanakan benar-benar menjanjikan memperoleh profit untuk menunjang usaha.


















BAB VI PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari isi yang penulis sampaiakan, ada kekurangan dan kelebihan dari usaha “SOYA HOT” menurut pendapat dari penulis sendiri. Namun dibanding  kekurangan yang penulis jelaskan, terlihat lebih banyak faktor pendukung akan peluang bisnis tersebut, dan menurut penulis masih ada solusi untuk menyelesaikan masalah pada faktor penghambat. Masalah modal mungkin dapat diatasi dengan mengajukan proposal pada pihak kampus untuk meminjamkan dana awal untuk membuka usaha “SOYA HOT” ini, dan masalah keberanian tentunya dapat diselesaikan dari individu masing-msing sehingga peluang bisnis angkringan kini sangatlah mungkin menjadi salah satu binis baru yang menjanjikan.

Apabila usaha ini sudah berjalan selama satu bulan, kita akan menghitung laba rugi di bulan pertama produksi untuk mengevaluasi apakah produk ini bisa sangat menguntungkan dan dapat diterima masyarakat atau tidak. Kegiatan ini akan berlangsung sampai 5 bulan yang merupakan waktu pencapaian usaha yang kita rencanakan.

B.     Potensi usaha yang akan/sedang dijalankan
Sosis adalah salah satu makanan kaya gizi dan tinggi protein.Sosis juga merupakan makanan yang cukup digemari oleh berbagai kalangan,anak-ana,ibu-ibu,remaja bahkan bapak-bapak juga menyukai makanan olahan yang terbuat dari tepung terigu dengan campuran daging ayam atau daging sapi ini.Inilah peluang bisnis dibidang makanan yang akan coba saya bahas pada kesempatan yang baik ini,yaitu peluang usaha jualan sosis pedas yang menguntungkan. Pasalnya sosis yang saat ini hanya berupa sosis-sosis yang biasa saja bahkan banyak yang memakai bahan pengawet, maka dari itu saya membuat sosis yang beda untuk menarik para konsumen, saya merubah sosis yang biasanya biasa-biasa saja menjadi “SOYA HOT” Sosis Ayam Pedas karena saya ingin produk saya beda dari yang lain dan bisa menggugah daya tarik para konsumen untuk membeli sosis saya, dan saya yakin sosis saya akan mampu untuk bersaing dengan sosis-sosis yang ada dipasaran. Oleh karena itu saya yakin banyak keuntungan yang akan saya dapat apabila saya terus memproduksi “SOYA HOT” karena dizaman sekarang banyak remaja-remaja yang sangat suka makanan dengan rasa pedas. Dan dengan melihat keadaan yang memungkinkan akhirnya saya membuat usaha “SOYA HOT”.
C.     Saran
Banyak sekali hal yang ingin penulis dalam upaya perwujudan usaha yang diterangkan dalam proposal ini, adapun saran yang utama penulis diberikan kepada pihak kampus agar mau memberikan kepercayaan pada mahasiswa untuk membuka usaha supaya diberikan kemudahan dalam mengelola dan memilih tempat usaha yang sekiranya pas untuk dijadikan tempat usaha, kemudian diharapkan juga bantuan dana modal pada pihak manapun yang sangat peduli dengan usaha kreatif mahasiswa, dan tentunya dari mahasiswa sendiri diharapkan agar mau dan kreatif dalam melihat peluang usaha yang ada disekitar kita, jangan takut dan malu untuk memulai sebuah usaha. Karena usaha harus dimulai sejak muda dan selalu lebih giat dalam menentukan usaha-usaha yang mampu bersaing dipasaran.









BAB VII LAMPIRAN

Lampiran 1
Gambar 1 Denah lokasi usaha sosis ayam pedas, disinilah prosesproduksi pembuatan “Soya Hot”. Dan apabila mau membeli bisa langsug datang kelokasi yang sudah tertera diatas atau bisa hubungi nomor yang sudah dicantumkan.
Lampiran 2

      
Gambar 2 Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Soya Hot. Bahan-bahan ini merupakan bahan-bahan utama dalam produksi ini.






















Lampiran 3
Gambar 3 Adonan yang siap dibungkus


Lampiran 4
Gambar 4 Sosis siap direbus


Lampiran 5


Gambar 5 Proses perebusan Sosis Ayam Pedas






Lampiran 6
Gambar 6 Soya Hot siap beredar


Lampiran 7
Gambar 7 Owner’s Soya Hot


Lampiran 8
Gambar 8 Logo beserta iklan Soya Hot


Lampiran 9
Gambar 9 Gambar ini untuk membuat produk semakin menarik dan bernilai. Selain itu juga sudah diterangkan komposisi yang ada dalam sosis tersebut guna untuk melihatkan kepada konsumen apa saja yang ada dalam sosis tersebut.










Komentar